Mata Kuliah Ilmu Komunikasi

1. Pendidikan Pancasila  
Materi yang dibahas mencakup Pancasila sebagai falsafah & dasar Negara,  dan Kepribadian, UUD 1945. Ideologi negara-negara lain dan dibandingkan dengan ideologi pancasila, serta kaitannya dengan Komunikasi. 

2. Ilmu Alamiah Dasar    
Materi kuliah mencakup pengertian dan ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar, hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, hubungan antara ilmu alam dan perkembangan teknologi serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

3. Ilmu Budaya Dasar     
Materi kuliah mencakup pengertian dan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial yang lain, hubungan timbal balik kebudayaan dengan kehidupan manusia dan pengaruhnya terhadap persepsi, daya tangkap dan penalaran manusia tentang lingkungan sosial budaya masyarakat.

4. Pengantar Ilmu Politik
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perkembangan, paradigma/perspektif ilmu politik, dalam berbagai konsep dan teori  politik dalam kaitannya dengan praktik komunikasi politik, termasuk hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

5. Pengantar Ilmu Komunikasi       
Materi kuliah mencakup sejarah perkembangan komunikasi sebagai ilmu, definisi, pengertian, ruang lingkup, proses, dan model dasar komunikasi.

6. Dasar-dasar Filsasat dan Logika
Materi yang dibahas meliputi pengertian, jenis, dan prinsip-prinsip Logika dan Filsafat ilmu komunikasi,  pengembangan daya pikir dan nalar manusia.

7. Pengantar Sosiologi    
Materi yang dibahas mencakup pengertian, perspektif dalam  Sosiologi, pola pola perubahan masyarakat, stratifikasi sosial, konsep-konsep dasar masyarakat, kelompok, proses sosial dan kebudayaan, serta lembaga-lembaga sosial termasuk lembaga media massa dan kaitannya dengan praktek ilmu komunikasi.

8. Pendidikan Kewarganegaraan
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, wawasan kebangsaan, negara, masyarakat, HAM, Demokrasi dan otonomi daerah serta penerapannya.

9. Pendidikan Agama      
Materi kuliah meliputi penanaman nilai-nilai keagamaan kepada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan ketaqwaan, kematangan dalam hubungan antara sesama manusia, kualitas peribadatan dan implikasinya dalam kehidupan sehari hari  (mahasiswa dapat memilih kuliah berdasarkan agama masing-masing).

10. Bahasa Inggris          
Materi kuliah mencakup grammar, reading, listening, writing, conversation dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi.

11. Pengantar Antropologi              
Mata kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perkembangan, sejarah, aliran, dan konsep-konsep dasar antropologi dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi dan ilmu lainnya.

12. Pengantar Statistik Sosial        
Materi yang dibahas secara umum mencakup pengertian, fungsi, peran dan jenis statistik, distribusi frekuensi, nilai-nilai tendensi sentral pengukuran varibilitas dan jarak pengukuran, teknik-teknik analisis asosiasi, korelasi dan deferensiasi, pengenalan program SPSS dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi.

13. Pengantar Psikologi  
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup fungsi psikis, aliran, dan prinsip dasar psikologi, persepsi, teori-teori kontekstual yang relevan dengan ilmu komunikasi.

14. Sistem Ekonomi Indonesia       
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup ekonomi  mikro maupun makro; teori-teori pembangunan ekonomi indonesia, strategi dan kebijaksanaannya; perbandingan sistem ekonomi Indonesia dengan sistem ekonomi negara lain, dan keterkaitan antara sistem ekonomi Indonesia dengan Komunikasi.

15. Sistem Politik Indonesia
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, perspektif , teori-teori, dan konsep-konsep sistem politik Indonesia, termasuk didalamnya keterkaitan sistem politik dengan praktik komunikasi, khususnya hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan di indonesia.   

16. Metode Penelitian Sosial         
Materi yang dibahas meliputi prinsip-prinsip berpikir ilmiah, jenis, tahapan dan prosedur penelitian, prinsip-prinsip penyusunan rancangan instrumen dan laporan penelitian.         

17. Sistem Hukum Indonesia         
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup serta asas-asas hukum, HAM, hubungan antara ilmu hukum dan ilmu-ilmu sosial lainnya, jenis dan sistem hukum yang berlaku di Indonesia, serta pembangunan hukum HAM di Indonesia.

18. Asas-asas Manajemen             
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, unsur-unsur, manajemen : mulai dari perencanaan, pengorganisasian, evaluasi, sampai dengan pengawasan, dan konsep konsep : Manajemen By Objevtive, Total Quality Control dan manajemen Stratejik, Hubungan manajemen dengan komunikasi  serta keterkaitan asas-asas manajemen dengan praktik komunikasi, meliputi hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

19. Sistem Sosial Budaya Indonesia              
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, macam-macam perspektif/pendekatan, teori-teori, dan konsep-konsep sistem sosial budaya indonesia, termasuk di dalamnya keterkaitan dengan praktik komunikasi, khususnya hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

20. Teori Komunikasi      
Materi yang dibahas mencakup pengertian teori, fungsi teori, macam-macam model dan teori-teori komunikasi, contoh-contoh penerapan teori komunikasi  kontektual  untuk penelitian komunikasi, di bidang hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.       

21. Sosiologi Komunikasi               
Materi kuliah secara garis besar mencakup pengertian sosiologi komunikasi, sifat dan fungsi sosial dari komunikasi, status dan fungsi komunikasi sebagai lembaga sosial, tinjauan sosiologi terhadap aspek-aspek : komunikator, komunikan, isi pesan, media komunikasi, dan efek komunikasi, serta keterkaitan sosiologi komunikasi dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.               

22. Komunikasi Internasional         
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi internasional, perkembangan komunikasi internasional sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi internasional meliputi teori imperialisme media, budaya massa, dan post moderis dan kekuatan dan kelemahan masing-masing paradigma komunikasi internasional. Hubungan Komunikasi Internasional dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

23. Komunikasi Politik    
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi politik, perkembangan komunikasi politik sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi politik, dengan kelemahan masing-masing  Hubungan bidang studi komunikasi politik dengan praktik, penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.          
  
24. Psikologi Komunikasi               
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup psikologi komunikasi, karakteristik manusia individu dan kelompok dalam praktik hubungan masyarakat, Jurnalistik dan Periklanan.

25. Komunikasi Lintas Budaya       
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi lintas budaya, perkembagan komunikasi lintas budaya sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi lintas budaya,  berbagai masalah komunikasi lintas budaya, serta hubungan nya dengan praktik dan penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.      

26. Komunikasi Sosial dan Pembangunan     
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi sosial dan pembangunan, perkembangan komunikasi sosial dan pembangunan sebagai suatu bidang studi (termasuk teori-teori modernisasi, dependensi dan gelombang sosial), macam-macam paradigma dan teori komunikasi sosial dan pembangunan,  berbagai masalah komunikasi sosial dan pembangunan serta hubungan nya  dengan praktik dan penelitian hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

27. Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi   
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, dan perkembangan teknologi komunikasi, mulai dari radio sampai multi media berikut implikasinya dalam dunia kehumasan, jurnalistik, dan periklanan.

28. Dasar - Dasar Humas               
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik khalayak,  teori-teori, dan penerapannya dalam merencanakan kegiatan dan media Humas, pratik wawancara  mengembangkan strategi, membangun dan memelihara citra positif organisasi / institusi melalui kegiatan humas.

29. Dasar - Dasar Jurnalistik          
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup dan karakteristik kegiatan jurnalistik teknik mencari dan menulis berita, teori-teori, dan penerapannya dalam kegiatan reportase, pemilihan dan penyusunan isi media, berdasarkan  nilai berita.

30. Dasar-Dasar Periklanan           
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup dan karakteristik, teori-teori, dan penerapannya dalam merencanakan periklanan yang efektif, memilih media yang tepat, menata pesan dan pengembangan kreatif untuk mencapai tujuan periklanan.    

31. Aplikasi Komputer dan Net Working      
Mata kuliah praktik ini mencakup keterampilan  aplikasi komputer untuk tujuan penulisan (word-processing), penyimpanan dan pengolahan data, pembuatan gambar, animasi, web, jaringan dan internet untuk berbagai tujuan komunikasi.

32. Komunikasi Massa   
Materi yang dibahas mencakup pengertian dan ruang lingkup komunikasi massa, perkembangan komunikasi massa sebagai suatu bidang studi, macam-macam paradigma dan teori komunikasi massa, kekuatan dan kelemahan masing-masing paradigma  hubungan bidang studi komunikasi massa dengan praktik  penelitian humas, jurnalistik, dan periklanan.         

33. Komunikasi Antarpribadi         
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, dan karakteristik, teori-teori dan penerapan teori dalam upaya memahami individu dalam KAP, memahami diri sendiri,  memahami dari orang lain dan memahami, Hubunan dalam KAP dan kaitannya dengan praktik Humas , Jurnalistik dan Periklanan.

34. Komunikasi Kelompok            
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, dan karakteristik, teori-teori dan penerapan teori-teori komunikasi kelompok dalam upaya meningkatkan efektivitas kelompok,  kemampuan kepemimpinan kelompok untuk  mencapai tujuan spesifik (misalnya memecahkan masalah dengan membangkitkan gagasan).

35. Komunikasi Organisasi            
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori, dan penerapan teori-teori komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal, untuk mengembangkan semangat kerja dan produktivitas, mengurangi kejenuhan informasi, dan  meningkatkan efisiensi.        

36. Sistem Komunikasi Indonesia 
Materi kuliah mencakup sistem komunikasi,  perbandingan sistem komunikasi Indonesia dengan sistem komunikasi negara lain, komunikasi yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, keterkaitan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan, perubahan sosial dan, keterkaitan,  dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.     

37. Hukum HAM dan Sistem Media Massa 
Materi kuliah secara garis besar mencakup pengertian hukum  HAM dan sistem media massa, aspek-aspek hukum dalam liputan media massa dan HAM, delik-delik pers, undang-undang pers dan/atau media massa,  dan dinamika sosial, berbagai sistem media massa, keterkaitan hukum dan sistem media massa dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan HAM Periklanan.

38. Dasar-Dasar Siaran Radio       
Materi yang dibahas mencakup pengertian siaran radio, karakteristik radio sebagai media komunikasi massa teori dan, elemen pokok siaran radio dan penggunaannya serta pengaruhnya terhadap masyarakat.

39. Dasar-Dasar Siaran TV            
Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori dan penerapan dasar-dasar siaran TV dalam perencanaan dan pengaruh terhadap masyarakat.           

40. Komunikasi Bisnis dan Pemasaran         
Materi kuliah mencakup pengertian (Komunikasi Bisnis dan Pemasaran), ruang lingkup, karakteritik, teori-teori, dan penerapan  komunikasi pemasaran terpadu, mengembangkan strategi untuk memaksimalkan hasil pemasaran, melalui unsur unsur strategis, taktis dan nilai dalam  memadukan PR dan Promosi dan Periklanan untuk membangun citra merek. 

41. Metode Penelitian Komunikasi               
Materi yang dibahas mencakup jenis dan model penelitian komunikasi,  kuantitatif dankualitatif teknik-teknik penelitian komunikator, pesan, media, komunikan/khalayak, efek komunikasi, dan latihan penelitian komunikasi.       

42. Manajemen Industri Kehumasan            
Materi kuliah mencakup  kehumasan sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi (perencanaan dan manajemen) serta hubungannya dengan pemasaran, Periklanan dan Jurnalistik.   

43. Manajemen Industri Media Cetak              
Materi kuliah mencakup pengertian media cetak sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan,  dan strategi (perencanaan dan manajemen), serta hubungannya dengan Humas, Hukum dan HAM dan Periklanan.

44. Manajemen Industri Media Massa Elektronik       
Materi kuliah mencakup  media elektronik sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi (perencanaan dan manajemen), serta hubungannya dengan Humas, Iklan, pemberitaan dan Hiburan.         

45. Manajemen Industri Periklanan              
Materi kuliah mencakup eksistensi periklanan sebagai sebuah industri, ruang lingkup pengelolaan, strategi perencanaan  dan manajemen dalam mengelola industri periklanan, dan hubungannya  pengiklan, media,  riset pemasaran, agencydan Konsumen.

46. Manajemen Isu, Krisis dan Konflik         
Materi kuliah meliputi pengetahuan mengenai pengertian, karakteristik, metode pengenalan, pendekatan sistematis, sumber-sumber konflik, bentuk krisis, teknik solusi isu,  serta penerapannya dalam membangun dan memelihara hubungan yang efektif.

47. Produksi Siaran Radio              
Materi mencakup pengertian, karakteristik, perencanaan dan  pemrograman, dan evaluasi.           

48. Produksi Siaran TV   
Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis mengenai karakteritis produksi siaran TV dan penerapannya dalam perencanaan program dan evaluasi.                  

49. Psikologi Khalayak/Konsumen
Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis mengenai pengertian khalayak konsumen dari perspektif psikologis, serta proses dan mekanisme internal penerimaan dan pengolahan informasi dalam diri khalayak konsumen dalam menentukan pilihan pembelian.

50. Penulisan Kreatif     
Materi kuliah mencakup pengertian, karakteristik, jenis, pengumpulan data dan teknik penulisan kreatif (cerpen, novel, puisi, esai, naskah iklan, skenario film).         

51. Filsafat dan Etika Komunikasi 
Materi perkuliahan etika dan filsafat komunikasi mencakup pengertian etika komunikasi, berbagai perpektif etika komunikasi, dan kode etik hubungan masyarakat, kode etik jurnalistik dan kode etik periklanan. Materi filsafat komunikasi secara garis besar mencakup pengertian, berbagai aliran pemikiran, isu-isu dasar, telaah filsafat terhadap teknologi informasi dan komunikasi, dan keterkaitan filsafat komunikasi dengan praktik hubungan masyarakat, jurnalistik, dan periklanan.

52. Pengantar Hubungan Masyarakat

1 komentar: