Mata Kuliah Magister Ilmu Komunikasi

1. FILSAFAT ILMU & LOGIKA SAINS
Mata kuliah ini diberikan untuk mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman atas munculnya paradigma, teori dan konsep di bidang komunikasi. Diharapkan pemahaman tersebut akan membantu dan memudahkan mahasiswa dalam memetakan keilmuannya serta melakukan penelitian. Selain itu diharapkan mata kuliah Filsafat ilmu dan Logika Sains ini dapat membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan tepat

2. PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI
Mata kuliah ini akan mengeksplorasi dan penelaahan berbagai pendekatan dalam keilmuan, berbagai perspektif dalam ilmu komunikasi. Kajian tentang teori-teori dasar komunikasi dan perkembangannya. Penelaahan tentang teori-teori kontekstual komunikasi dalam pendekatan objektif dan pendekatan subjektif.

3. STATISTIK SOSIAL TERAPAN
Mata kuliah ini membahas tentang identifikasi variabel-variabel penelitian kuantitatif, faktor analysis, persamaan regresi dan kooefisien korelasi berganda, dan realibilitas dan validitas dalam penelitian kuantitatif dan aplikasinya.

4. KOMUNIKASI ORGANISASI
Mata kuliah ini membahas teori, konsep dan kasus komunikasi dalam organisasi serta implikasi metodologisnya. Hal-hal yang dibahas antara lain mengenai teori organisasi yang menjadi latar munculnya pengembangan teori dan konsep dalam komunikasi organisasi. Dinamika-dinamika dalam komunikasi organisasi seperti human relations, konflik, kepemimpinan, aliran informasi, dll. Selain itu juga diberikan pemahaman mengenai metodologi yang dapat digunakan untuk mendekati masalah-masalah tersebut.

5. METODE PENELITIAN KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas mengenai filosofis penelitian kuantitatif meliputi berbagai metode dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup source, message, received, dampak dan jaringan komunikasi dari perspektif kuantitaif. Lebih lanjut akan membahas metode survey, analisis jaringan, dan content analysis. Mahasiswa akan dibekali kemampuan merancang desain dan melakukan penelitian. Output dari mata kuliah ini mahasiswa membuat rancangan proposal penelitian kuantitatif.

6. SOSIOLOGI MEDIA KOMUNIKASI
Mata kuliah ini menguraikan tentang proses-proses sosial yang berinteraksi dengan bidang komunikasi dan sebaliknya. Dibahas juga dampak media terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Sosiologi media dan komunikasi juga menguraikan tentang ragam media dalam ranah komunikasi serta bagaimana media secara fungsional dan struktural. Lebih lanjut juga membahas mengenai keterkaitan komunikasi dan media dengan lingkungan social media (kekuatan politik, sistem pemerintahan, masyarakat, ideologi dan politik, teknologi, kepentingan bisnis, dan pemilik modal).

7. PERSUASIF POLITIK
Lingkup mata kuliah ini adalah tentang proses penyampaian pesan-pesan politik, baik lisan maupun tulisan, yang melibatkan komunikator politik (politisi, profesional, aktivis, birokrasi, media massa dan pengamat politik), dan khalayak secara purposif, intensional, dan resripokal untuk mempengaruhi keyakinan, sikap mental, dan perilaku.

8. REPUTATION MANAGEMENT
Mata kuliah ini menguraikan tentang filosofi pemahaman, pengertian implementasi strategis Public Relations dalam menyusun, membentuk, mengelola dan memelihara hubungan baik dengan seluruh publik organisasi dalam kerangka representatif serta koalisi dominan antara manajemen organisasi

9. MEDIA KOMUNIKASI POLITIK
Mata kuliah ini membahas mengenai saluran yang digunakan oleh komunikator politik (politikus, profesional dan aktifis) sebagai alat untuk mengirimkan pesan-pesan dalam pembicaraan persuasif untuk mempengaruhi khalayak. Komunikator menyampaikan bentuk-bentuk simbolik dan kombinasinya ini dengan berbagai  teknik dan media secara lisan melalui pembicaraan personal, melalui cetakan seperti surat kabar dan majalah dengan teknik elektronik seperti radio dan televisi.

10. KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA
Mata kuliah ini menguraikan tentang bagaimana proses dan kinerja media komunikasi dalam mengkonstruksi citra baik produk ataupun tokoh termasuk opini, gagasan dan pendapat-pendapat umum lainnya. Menguraikan pula tentang pemahaman mengenai bangunan sosial yang diciptakan media serta akibat lanjutan dari bangunan sosial tersebut, serta bagaimana proses-proses terjadinya bangunan sosial melalui konstruksi sosial media. Konstruksi sosial media juga membahas persyaratan sosial dan persyaratan media dalam proses-proses lanjutan konstruksi sosial yang dibangun melalui media, baik itu produk, tokoh maupun pencitraan.

11. POLITICAL MARKETING
Mata kuliah ini mengkaji tentang aktivitas terencana, strategis dan taktis, berdimensi jangka pendek dan jangka panjang dalam menyebarkan makna politik kepada pemilih. Kerangkanya dimulai dari lingkungan pemasaran politik, proses pemasarannya, pasar sasarannya dan output yang dihasilkan yaitu membentuk dan menanamkan harapan, sikap, keyakinan, orientasi dan perilaku pemilih yang mendukung parpol atau kandidat tertentu.

12. MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS
Mata kuliah ini menguraikan tentang tahapan manajemen Public Relations yang meliputi tahap fact finding, planning, communicating dan evaluating. Manajemen PR juga mengkaji teori-teori yang men-support PR sebagai alat manajemen, sebagai fungsi boundary spanning dalam kerangka untuk mengkonstruksi reputasi organisasi.

13. MULTIKULTURALISME dan MEDIA
Mata kuliah ini membahas tentang keberagaman kebudayaan dan pengaruhnya terhadap komunikasi, pandangan tentang ras secara biologis dan sosiologis, strategi komunikasi dalam keberagaman kebudayaan pada level internasional dan nasional, dan kontribusi media dalam mereduksi dan mendorong terjadinya konflik kelompok-kelompok etnis dalam masyarakat. Contoh-contoh kasus pada peringkat internasional dan nasional akan didiskusikan di dalam kelas melalui presentaasi makalah.

14. MANAJEMEN MEDIA
Pembahasan mengenai pengelolaan lembaga media, baik cetak maupun elektronik (audio, audio visual, cyber). Topik bahasan bukan hanya meliputi konsep manejemen dan pemasaran yang diterapkan untuk industri media, lebih lanjut juga fungsi organisasi dan bisnis media, regulasi/perundangan-undangan media serta persoalan-persoalan terkini dalam manajemen media massa  dan strategi mengelola media ditengah persaingan industri media.

15. SEMIOTIKA PERIKLANAN
Mata kuliah ini memberikan kompetensi secara teoritis, sehingga memiliki kemampuan analisistis mengenai segalahal yang berkaitan dengan pemaknaan teks iklan, baik teks yag mengandung berbagai unsur tanda, simbol, serta aspek idcohesis yang melatarbelakangi terciptanya sebuah iklan.

16. MANAGEMENT EVENT
Mata kuliah ini memberikan kompetensi tentang bagaimana mengembangkan, memasarkan, dan mengelola event (product event, corporate event, maupun community event) sebagai bagian dari komunikasi pemasaran. Kajian mencakup tujuan, teknik, merancang, implementasi dan evaluasi event.

17. INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian komunikasi pemasaran, konsep dasar yang meliputi marketing & the integrated communications mix, marketing communication plan serta buying behavioral. Lebih lanjut akan dibahas pula variabel dalam komunikasi pemasaran (marketing communications tools advertising, publicity, sales promotions & personal selling) serta penentuan strategi dan perencanaan media (media planning) dan evaluasi pelaksanaan komunikasi pemasaran.

18. EKONOMI MEDIA
Mata kuliah ini akan membahas  mengenai orientasi ekonomi dan bisnis media ditengah perkembangan industri media. Lebih lanjut akan dibahas mengenai kepentingan ekonomi dan bisnis media, keterkaitan media dengan sumber-sumber ekonomi lain yang berorientasi pada pasar di era globalisasi, dan pemasaran & pencitraan media, serta keterkaitan lingkungan yang membentuk ekonomi media.

19. MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
Mata kuliah ini membahas menenai krisis yang terjadi pada organisasi, spesifikasi krisis PR. Lebih lanjut akan membahas mengenai  dasar berfikir tentang krisis, pengelolaan krisis mulai (planning, actuating, organizing, and evaluating) dalam  kondisi krisis. Termasuk didalamnya pengembangan proposal Crisis Management Plan, Media Crisis, dan stakeholders yang terkait dengan krisis. 

20. MEDIA DAN INDUSTRI KOMUNIKASI
Mata kuliah ini akan membahas mengenai sejarah dan perkembangan komunikasi, media dan teknologi komunikasi. Lebih lanjut akan dibahas mengenai perubahan-perubahan fungsi media yang mengarah pada industri dan keterkaitan berbagai faktor seperti teknologi, sumberdaya manusia, maupun budaya industri. 

21. SEMINAR KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas tentang proposal penelitian mahasiswa sesuai dengan konsentrasi yang telah diambil. Mata kuliah ini lebih memberikan penekanan pada upaya pengayaan (enrichment) terhadap pemahaman pada proses penelitian komunikasi dari aspek metode/procedure penelitian, literature review, mapun entry point permasalahan penelitian. Metode yang diterapkan dengan seminar/diskusi diharapkan mahasiswa memiliki bekal pendalaman perspektif (perspectives enhancement) untuk penulisan tesis. 

22. RISET KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas mengenai filosofis penelitian kualitatif meliputi berbagai metode dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup source, message, received, dan dampak dari perspektif kualitatif. Lebih lanjut akan membahas kajian penelitian kualitatif meliputi research audience maupun textual analysis. Mahasiswa akan dibekali kemampuan merancang desain dan melakukan penelitian kualitatif. Output dari mata kuliah ini mahasiswa membuat rancangan proposal penelitian kualitatif.

23. THESIS
Merupakan salah satu prasyarat bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar Magister. Mahasiswa akan mempresentasikan secara oral dan tertulis penelitian dengan topic yang sesuai dengan konsentrasi yang diambil didepan dewan penguji yang terdiri atas staf akademis (dan praktisi yang memiliki kompetensi dibidang msing-masing). Selama proses penyusunan kandidat akan dibimbing olek komisi pembimbing.

sumber: http://pasca.mercubuana.ac.id/blank.php?krw=21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar