1. FILSAFAT ILMU & LOGIKA SAINS
Mata kuliah ini diberikan untuk mengantarkan mahasiswa kepada
pemahaman atas munculnya paradigma, teori dan konsep di bidang
komunikasi. Diharapkan pemahaman tersebut akan membantu dan memudahkan
mahasiswa dalam memetakan keilmuannya serta melakukan penelitian.
Selain itu diharapkan mata kuliah Filsafat ilmu dan Logika Sains ini
dapat membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan
tepat
2. PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI
Mata kuliah ini akan mengeksplorasi dan penelaahan berbagai
pendekatan dalam keilmuan, berbagai perspektif dalam ilmu komunikasi.
Kajian tentang teori-teori dasar komunikasi dan perkembangannya.
Penelaahan tentang teori-teori kontekstual komunikasi dalam pendekatan
objektif dan pendekatan subjektif.
3. STATISTIK SOSIAL TERAPAN
Mata kuliah ini membahas tentang identifikasi variabel-variabel
penelitian kuantitatif, faktor analysis, persamaan regresi dan
kooefisien korelasi berganda, dan realibilitas dan validitas dalam
penelitian kuantitatif dan aplikasinya.
4. KOMUNIKASI ORGANISASI
Mata kuliah ini membahas teori, konsep dan kasus komunikasi dalam
organisasi serta implikasi metodologisnya. Hal-hal yang dibahas antara
lain mengenai teori organisasi yang menjadi latar munculnya
pengembangan teori dan konsep dalam komunikasi organisasi.
Dinamika-dinamika dalam komunikasi organisasi seperti human relations,
konflik, kepemimpinan, aliran informasi, dll. Selain itu juga
diberikan pemahaman mengenai metodologi yang dapat digunakan untuk
mendekati masalah-masalah tersebut.
5. METODE PENELITIAN KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas mengenai filosofis penelitian kuantitatif
meliputi berbagai metode dan teknik penelitian komunikasi yang
mencakup source, message, received, dampak dan jaringan komunikasi dari
perspektif kuantitaif. Lebih lanjut akan membahas metode survey,
analisis jaringan, dan content analysis. Mahasiswa akan dibekali
kemampuan merancang desain dan melakukan penelitian. Output dari mata
kuliah ini mahasiswa membuat rancangan proposal penelitian
kuantitatif.
6. SOSIOLOGI MEDIA KOMUNIKASI
Mata kuliah ini menguraikan tentang proses-proses sosial yang
berinteraksi dengan bidang komunikasi dan sebaliknya. Dibahas juga
dampak media terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat.
Sosiologi media dan komunikasi juga menguraikan tentang ragam media
dalam ranah komunikasi serta bagaimana media secara fungsional dan
struktural. Lebih lanjut juga membahas mengenai keterkaitan komunikasi
dan media dengan lingkungan social media (kekuatan politik, sistem
pemerintahan, masyarakat, ideologi dan politik, teknologi, kepentingan
bisnis, dan pemilik modal).
7. PERSUASIF POLITIK
Lingkup mata kuliah ini adalah tentang proses penyampaian
pesan-pesan politik, baik lisan maupun tulisan, yang melibatkan
komunikator politik (politisi, profesional, aktivis, birokrasi, media
massa dan pengamat politik), dan khalayak secara purposif,
intensional, dan resripokal untuk mempengaruhi keyakinan, sikap
mental, dan perilaku.
8. REPUTATION MANAGEMENT
Mata kuliah ini menguraikan tentang filosofi pemahaman, pengertian
implementasi strategis Public Relations dalam menyusun, membentuk,
mengelola dan memelihara hubungan baik dengan seluruh publik
organisasi dalam kerangka representatif serta koalisi dominan antara
manajemen organisasi
9. MEDIA KOMUNIKASI POLITIK
Mata kuliah ini membahas mengenai saluran yang digunakan oleh
komunikator politik (politikus, profesional dan aktifis) sebagai alat
untuk mengirimkan pesan-pesan dalam pembicaraan persuasif untuk
mempengaruhi khalayak. Komunikator menyampaikan bentuk-bentuk simbolik
dan kombinasinya ini dengan berbagai teknik dan media secara lisan
melalui pembicaraan personal, melalui cetakan seperti surat kabar dan
majalah dengan teknik elektronik seperti radio dan televisi.
10. KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA
Mata kuliah ini menguraikan tentang bagaimana proses dan kinerja
media komunikasi dalam mengkonstruksi citra baik produk ataupun tokoh
termasuk opini, gagasan dan pendapat-pendapat umum lainnya. Menguraikan
pula tentang pemahaman mengenai bangunan sosial yang diciptakan media
serta akibat lanjutan dari bangunan sosial tersebut, serta bagaimana
proses-proses terjadinya bangunan sosial melalui konstruksi sosial
media. Konstruksi sosial media juga membahas persyaratan sosial dan
persyaratan media dalam proses-proses lanjutan konstruksi sosial yang
dibangun melalui media, baik itu produk, tokoh maupun pencitraan.
11. POLITICAL MARKETING
Mata kuliah ini mengkaji tentang aktivitas terencana, strategis dan
taktis, berdimensi jangka pendek dan jangka panjang dalam menyebarkan
makna politik kepada pemilih. Kerangkanya dimulai dari lingkungan
pemasaran politik, proses pemasarannya, pasar sasarannya dan output
yang dihasilkan yaitu membentuk dan menanamkan harapan, sikap,
keyakinan, orientasi dan perilaku pemilih yang mendukung parpol atau
kandidat tertentu.
12. MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS
Mata kuliah ini menguraikan tentang tahapan manajemen Public
Relations yang meliputi tahap fact finding, planning, communicating
dan evaluating. Manajemen PR juga mengkaji teori-teori yang
men-support PR sebagai alat manajemen, sebagai fungsi boundary
spanning dalam kerangka untuk mengkonstruksi reputasi organisasi.
13. MULTIKULTURALISME dan MEDIA
Mata kuliah ini membahas tentang keberagaman kebudayaan dan
pengaruhnya terhadap komunikasi, pandangan tentang ras secara biologis
dan sosiologis, strategi komunikasi dalam keberagaman kebudayaan pada
level internasional dan nasional, dan kontribusi media dalam mereduksi
dan mendorong terjadinya konflik kelompok-kelompok etnis dalam
masyarakat. Contoh-contoh kasus pada peringkat internasional dan
nasional akan didiskusikan di dalam kelas melalui presentaasi makalah.
14. MANAJEMEN MEDIA
Pembahasan mengenai pengelolaan lembaga media, baik cetak maupun
elektronik (audio, audio visual, cyber). Topik bahasan bukan hanya
meliputi konsep manejemen dan pemasaran yang diterapkan untuk industri
media, lebih lanjut juga fungsi organisasi dan bisnis media,
regulasi/perundangan-undangan media serta persoalan-persoalan terkini
dalam manajemen media massa dan strategi mengelola media ditengah
persaingan industri media.
15. SEMIOTIKA PERIKLANAN
Mata kuliah ini memberikan kompetensi secara teoritis, sehingga
memiliki kemampuan analisistis mengenai segalahal yang berkaitan
dengan pemaknaan teks iklan, baik teks yag mengandung berbagai unsur
tanda, simbol, serta aspek idcohesis yang melatarbelakangi terciptanya
sebuah iklan.
16. MANAGEMENT EVENT
Mata kuliah ini memberikan kompetensi tentang bagaimana
mengembangkan, memasarkan, dan mengelola event (product event,
corporate event, maupun community event) sebagai bagian dari
komunikasi pemasaran. Kajian mencakup tujuan, teknik, merancang,
implementasi dan evaluasi event.
17. INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS
Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian komunikasi pemasaran, konsep dasar yang meliputi marketing & the integrated communications mix, marketing communication plan serta buying behavioral. Lebih lanjut akan dibahas pula variabel dalam komunikasi pemasaran (marketing communications tools advertising, publicity, sales promotions & personal selling) serta penentuan strategi dan perencanaan media (media planning) dan evaluasi pelaksanaan komunikasi pemasaran.
18. EKONOMI MEDIA
Mata kuliah ini akan membahas mengenai orientasi ekonomi dan
bisnis media ditengah perkembangan industri media. Lebih lanjut akan
dibahas mengenai kepentingan ekonomi dan bisnis media, keterkaitan
media dengan sumber-sumber ekonomi lain yang berorientasi pada pasar
di era globalisasi, dan pemasaran & pencitraan media, serta
keterkaitan lingkungan yang membentuk ekonomi media.
19. MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
Mata kuliah ini membahas menenai krisis yang terjadi pada
organisasi, spesifikasi krisis PR. Lebih lanjut akan membahas mengenai
dasar berfikir tentang krisis, pengelolaan krisis mulai (planning,
actuating, organizing, and evaluating) dalam kondisi krisis. Termasuk
didalamnya pengembangan proposal Crisis Management Plan, Media
Crisis, dan stakeholders yang terkait dengan krisis.
20. MEDIA DAN INDUSTRI KOMUNIKASI
Mata kuliah ini akan membahas mengenai sejarah dan perkembangan
komunikasi, media dan teknologi komunikasi. Lebih lanjut akan dibahas
mengenai perubahan-perubahan fungsi media yang mengarah pada industri
dan keterkaitan berbagai faktor seperti teknologi, sumberdaya manusia,
maupun budaya industri.
21. SEMINAR KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas tentang proposal penelitian mahasiswa
sesuai dengan konsentrasi yang telah diambil. Mata kuliah ini lebih
memberikan penekanan pada upaya pengayaan (enrichment) terhadap
pemahaman pada proses penelitian komunikasi dari aspek
metode/procedure penelitian, literature review, mapun entry point
permasalahan penelitian. Metode yang diterapkan dengan seminar/diskusi
diharapkan mahasiswa memiliki bekal pendalaman perspektif (perspectives enhancement) untuk penulisan tesis.
22. RISET KOMUNIKASI
Mata kuliah ini membahas mengenai filosofis penelitian kualitatif
meliputi berbagai metode dan teknik penelitian komunikasi yang
mencakup source, message, received, dan dampak dari perspektif
kualitatif. Lebih lanjut akan membahas kajian penelitian kualitatif
meliputi research audience maupun textual analysis. Mahasiswa akan
dibekali kemampuan merancang desain dan melakukan penelitian
kualitatif. Output dari mata kuliah ini mahasiswa membuat rancangan
proposal penelitian kualitatif.
23. THESIS
Merupakan salah satu prasyarat bagi mahasiswa untuk mendapatkan
gelar Magister. Mahasiswa akan mempresentasikan secara oral dan
tertulis penelitian dengan topic yang sesuai dengan konsentrasi yang
diambil didepan dewan penguji yang terdiri atas staf akademis (dan
praktisi yang memiliki kompetensi dibidang msing-masing). Selama
proses penyusunan kandidat akan dibimbing olek komisi pembimbing.
sumber: http://pasca.mercubuana.ac.id/blank.php?krw=21
Tidak ada komentar:
Posting Komentar